Wednesday, September 01, 2004
kematian
Kematian…

Diam, dingin, kaku, tak berasa, sunyi…
Mati
Itukah yang mereka katakan akan menimpamu, teman?
Meskipun aku lihat tubuhmu yang kurus, lemah, serba terbatas..
dan wajahmu yang kuyu, letih akan nafas
Namun aku masih sangsi bahwa yang kauhadapi ini adalah kematian

Begitu sedikit waktu kita
Begitu singkat aku mengenalmu
Begitu banyak yang masih dapat kita lakukan
yang dapat kau lakukan untuk mengubah dunia
Tapi kata itu menghalangi
kata hitam yang buruk rupa, yang ditakuti,
yang dicemaskan,
Kematian

(menyebutnya saja harus dengan hati-hati dan pelan)

bukankah kematian belum pantas untukmu?
(setidaknya itu yang menurut otakku pikir)
usiamu masih 19 tahun, belum menikah, dan baru mengecap masa akil baligh
(Tuhan selalu bergerak dengan caranya yang misterius, bukankah begitu?)

Teman, bisikkan di telingaku (biar ini jadi rahasia di antara kita saja)
apa disana ada cahaya yang dapat kau lihat?
kesanakah kau akan melangkah?
kepada kehidupan yang bahkan lebih hidup lagi…
bukan kehidupan palsu yang aku alami saat ini
Bisikkan lagi, apa disana ada bidadari?
ada kumpulan hal hal yang indah, yang benar-benar indah
ada kebenaran,
yang jujur dan sadar
Esensi dari jiwa yang terkumpul dari semesta raya ini
yang tergabung dalam alam yang bebas polusi…
dan setiap jiwa berada
dan setiap jiwa melayang sekehendak mereka
tapi bermakna setiap desahannya…

Sebab aku telah kehilangan makna
makna atas segala hal…
Atmosfir bumiku dipenuhi rekayasa,
dan oleh karena itu aku hidup dalam kenyataan semu, kenyataan alam bawah sadar
Aku boneka yang digerakkan industrialisasi dan materi
terjebak dalam neraka globalisasi
Hidup yang jemu dan tidak bebas

Bila seperti itu kematian,
Lebih baik aku ikut bersamamu


Dedicated to my friend, Hilman Firmansyah…

posted by laila @ 8:00 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
About Me


Name: laila
Home: aksara, milik perempuan, Indonesia
About Me: perempuan biasa yang menyukai baju daster
See my complete profile

Previous Post
Archives
Links
Bisik bisik disini
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Template by
Free Blogger Templates